Menatap Anak-anak Lembah Mingola, Pakistan


Okeh
beberapa saat lalu saya melihat foto anak-anak korban konflik di lembah Mingora, Swat, Pakistan. Mereka tersenyum manis sekali.
*sayang sekali saya tidak bisa mendapatkan akses foto tersebut maupun men-scan-nya untuk kalian.

Lalu muncul ide untuk browsing lebih banyak mengenai anak-anak tersebut. Terdapat sebuah artikel yang membuat saya miris mengenai kehidupan anak-anak tersebut.

MINGGU, 24 MEI 2009 | 06:53 WIB
KOMPAS.com
Cerita Leher Digorok Menghantui Anak-anak Pakistan

Nabila Bibi duduk di dalam satu tenda di bawah sengatan terik mentari sambil memikirkan boneka-bonekanya yang ditinggalkan di rumahnya di pegunungan di Pakistan, tempat militer dan gerilyawan Taliban saling bantai.

Nabila, yang kedua pipinya berwarna kemerahan, tak mengerti apa pun mengenai aksi perlawanan kaum garis keras dan serangan paling akhir militer Pakistan terhadap mereka, yang dikatakan PBB telah membuat tak kurang dari 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal pada Mei tahun ini saja.

Kini, ia sangat mengkhawatirkan nasib semua bonekanya “yang kesepian”. “Saya sangat sedih berada di sini. Saya merasa benar-benar kesepian karena semua boneka saya tak bisa ikut bersama saya. Apakah ada orang yang dapat mengambil semua boneka itu dari rumah saya?” demikian pertanyaan Nabila kepada kakak perempuannya, sebagaimana dilaporkan wartawan AFP, Nasir Jaffry.

Nabila (12) dan keluarganya hidup di luar kota kecil Mingora di lembah Swat di bagian barat-laut Pakistan sampai mereka mengungsi ke kamp Yar Hussein karena khawatir terhadap keselamatan mereka.

Kamp yang berdebu tersebut didirikan oleh pemerintah di Provinsi Perbatasan Barat-Laut Pakistan (NWFP) dengan bantuan badan pengungsi PBB di pinggir kota kecil Swabi. Tempat itu menampung sebanyak 1.200 keluarga di dalam tenda yang berjumlah sama.

“Di sini panas sekali. Saya tak mempunyai teman dan juga tak ada lapangan bermain yang memadai seperti yang ada di depan rumah saya,” kata Nabila, yang belajar di sekolah sementara di kamp itu.

Badan PBB, UNICEF, yang sangat prihatin mengenai korban kejiwaan pada anak-anak yang kehilangan tempat tinggal akibat operasi guna membersihkan pengikut garis keras, mengatakan bahwa lembaga tersebut menyediakan pendidikan dan tempat rekreasi di 13 kamp tempat banyak keluarga berlindung.

“Penting buat anak-anak untuk menanggulangi trauma akibat kehilangan tempat tinggal,” kata wanita juru bicara UNICEF, Antonia Paradela.

Ia mengatakan, layanan penyuluhan buat kaum perempuan dan anak-anak tersedia di semua kamp itu, yang memiliki staf terlatih dalam mengidentifikasi anak-anak yang mengalami persoalan pada mental dan membantu mereka mengatasi kesulitan yang sama sekali tak mereka timbulkan.

“Anak-anak juga telah diberikan mainan, pensil, dan kertas gambar guna membantu mereka mendapatkan kembali kepercayaan diri,” kata Paradela. Namun, untuk semua gagasan tersebut, banyak anak di Yar Hussain itu kelihatan tak memiliki kemantapan pendirian dan sebagian tidak gembira.

“Saya kangen sama teman-teman saya. Saya dulu sering main bola dengan mereka. Saya penggemar berat pahlawan kriket Shahid Afridi,” kata Nauman Ali (16), tukang kayu dari Mingora, kota kecil utama di Swat.

“Saya berharap dia akan mengunjungi saya di kamp ini. Saya suka dia karena dia juga adalah seorang batter yang bagus. Ia memiliki gaya indah dalam melakukan pukulan.”

Nauman kelihatan ragu ketika ditanya, apakah dia menduga bahwa dia akan pulang dalam waktu dekat. “Saya benar-benar tidak tahu kapan saya akan dapat pulang dan bermain kriket bersama teman-teman saya,” katanya.

Sementara itu, seorang anak lain yang bernama Jawad Khan, murid kelas III, mengatakan ingin menjadi dokter. “Bagaimana saya dapat melanjutkan sekolah saya di daerah tempat bom dan granat meledak setiap hari? Cerita mengenai sekelompok orang yang menggorok leher saudara mereka membuat saya takut,” kata Jawad, yang tampaknya merujuk kepada anggota Taliban.

“Saya mempunyai beberapa teman dari daerah saya di kamp ini dan kami semua sependapat bahwa mereka semua adalah orang yang jahat,” katanya sambil menggendong adik perempuannya yang masih bayi dalam kondisi setengah telanjang.

Nadia Khan, yang berusia 6 tahun dan sedang bersama ibunya di kamp tersebut, tempat antrean panjang kaum pria dan anak-anak terbentuk saat makan siang, berulang kali memohon agar diizinkan keluar kamp. “Saya ingin pulang dan bermain bersama teman saya, tolong bawa saya pulang,” gadis cilik itu memohon kepada ibunya dalam bahasa Urdu yang patah-patah.

Kendati kedua matanya perih akibat debu yang beterbangan, Nadia lapar, bahkan nasi beraroma sedap dengan buncis nyaris tak membuat dia berselera. Guna membantu meringankan penderitaan mereka, kelompok amal Pakistan, Perhimpunan bagi Perlindungan Hak Anak (SPARC) berencana membuat daerah khusus bermain.

“Ini adalah bencana besar. Anak-anak di berbagai kamp memerlukan bantuan kita agar mereka dapat keluar dari tekanan psikologis,” kata juru bicara SPARC, Kashif Mirza. “Kami berencana menciptakan daerah bermain dan menyelenggarakan lomba melukis di kamp buat anak yang kehilangan tempat tinggal,” ungkapnya sebelum acara pengumpulan dana SPARC.

Shahid Khan, siswa kelas VIII, mengatakan pertempuran telah “mengguncang” impiannya. Namun, ia memiliki tekad kuat. “Saya ingin menjadi seorang perwira militer. Saya suka seragam mereka, saya suka disiplin mereka,” katanya.

“Saya bertekad akan melanjutkan sekolah. Jika ini tak mungkin dilakukan di Mingora, saya akan meminta ayah saya mengirim saya ke kota lain tempat saya dapat menyelesaikan pendidikan saya dan masuk tentara.”

Yahh
Mungkin Ke-miris-an saya ini telatttt bangetttt!!!!!
Lihat betapa polosnya Nabila & Nadia. Mereka hanya ingin tetap bisa bermain bersama boneka mereka.

Nauman dan Shahid yang masih ingin tetap melanjutkan impian mereka.

Miris bukan???

Mungkin dengan kata “miris” tidak akan membuat masalah sedikit pun berkurang. Namun cobalah dimulai dari diri kita sendiri ini. Dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada & seoptimal mungkin melakukan hal-hal yang memjadi tugas kita.

Semoga adik-adikku di sana tetap bisa tersenyum yah
amin
><

4 thoughts on “Menatap Anak-anak Lembah Mingola, Pakistan

  1. __maafbila ada salahkata..bsk sudah puasa__
    _____selamat berpuasa daribri_______

    Yulfran says:
    maaf lahir batin juga yah , Bri
    🙂

  2. __serem iih..lehernya digorok__
    _kamudapet award(visualdaribri)_
    ___silahkan diambil ia..daribri buatteman___

    Yulfran says:
    malasih brii
    wah udah lama yah g mampir ke blogmu

  3. Daripada baca cerita kamu yg mengerikan gitu…mending beta isi comment aja…. tapi comment apa ya… 😛

    Keep Smile…. 🙂

    Yulfran says:
    terima kasih Beta {ria Sonata}
    just anak-ing
    *just kidding

Leave a comment