DJ Jadi Presiden !!!!


Alkisah di negara yang terkenal dengan soundtrack
” I like to move it move it.. You like to move it move it.. We like to move it!!!!”, Madagaskar yang mempunyai Presiden [saat ini udah mantan], Marc Ravalomanana. Beliau mendapatkan tekanan kuat untuk mengundurkan diri dari para pemimpin militer di Madagaskar, dan dituduh menyalahgunakan kekuasaan selama unjuk rasa berminggu-minggu di Madagaskar. Lebih dari seratus tiga puluh orang tewas.

Beliau terpaksa menandatangani sebuah dokumen untuk menyerahkan kekuasaan kepada Konsul Militer yang dipimpin Laksmana Hyppolite Ramaroson. Dalam dokumen itu disebutkan, otoritas militer bisa melakukan apapun untuk mengembalikan ketentraman dan stabilitas negara. Selain itu, mereka harus membentuk Kongres agar UU bisa kembali diberlakukan serta mengadakan pemilu dalam dua tahun ke depan.
Andry Rajoelina

Maka diangkatlah penggantinya, pemimpin oposisi Andry Rajoelina, anak muda dengan karir bidang politik tak terlalu matang sekaligus mantan disc jockey (DJ). Namun para jenderal di angkatan bersenjata sendiri meragukan dokumen itu, demikian pula dengan Rajoelina dan beberapa elemen kuat lainnya di Madagaskar. Menurut Panglima Militer Kolonel Andre Ndriarijaona, mereka malah tak menginginkan pemerintahan di bawah otoritas militer.
new-president_madagascar_andry-rajoelina
Rajoelina sebenarnya bukanlah wajah asing bagi penduduk negara pulau di selatan Afrika itu. Meski demikian, banyak yang mempertanyakan legitimasinya. Apalagi, untuk seseorang yang akan memegang konstitusi negara, usianya masih terlalu muda. Ia baru menginjak 35 tahun dan karir politiknya ini memang terbilang melesat terlalu cepat.

Daftar karir pria kelahiran 1975 ini bermula pada 1994, sebagai seorang event organizer yang kerap berurusan pertunjukan langsung. Pengalamannya ini makin kaya dengan profesi sampingannya sebagai pemutar turn table alias DJ hingga 2000.

Pilihan profesi itu tampaknya kurang memuaskan, sehingga ia memutuskan untuk bekerja dengan lebih serius. Kreativitas jiwa mudanya terlihat ketika ia menjadi perintis perusahaan periklanan dan cetak digital pertama di negaranya, Injet.

Kemampuan makin terasah seiring perkembangan karirnya dengan memiliki sebuah stasiun radio dan televisi, VIVA. Terjun ke dunia politik pun dinilainya sebagai sebuah keputusan yang tepat.

Sebagai ketua gerakan pemuda Malagasy Tanora MalaGasy Vonona (TGV), ia mulai berani melangkah ke kancah politik. Rajoelina memutuskan untuk ikut dalam pemilihan walikota di ibukota Antananarivo. Pesaingnya, Hery Rafalimanana, yang saat itu walikota resminya, berhasil dikalahkan dengan kemenangan 63.3%.

Tak mudah tugas yang harus dihadapi penganut Katolik Roma itu. Ia mewarisi sebuah kota dengan utang yang teramat besar. Bahkan perusahaan air dan listrik negara sampai harus menghentikan suplai mereka. Pada 13 Desember 2008, VIVA TV miliknya ditutup paksa oleh negara karena menyiarkan sebuah wawancara kontroversial dengan mantan Presiden Didier Ratsiraka.

Tentu saja banyak yang meragukan kredibilitas Rajoelina. Menurut Undang-undang yang berlaku, Rajoelina masih terlalu muda, enam tahun untuk menjadi presiden terpilih.
*Konstitusi sekarang menentukan usia minimum 40 tahun untuk kandidat presiden sedangkan Rajoelina berusia 34 tahun.

Sehingga Zambia menyerukan penghentian sementara keanggotaan Madagaskar dari Uni Afrika (AU) dan juga Komunitas Pembangunan Negara-negara Afrika bagian Selatan (SADC).

“Zambia menolak perubahan pemerintahan di Madagaskar yang tidak konstitusional,” kata Menteri Luar Negeri Kabinga Pande dalam jumpa pers di Lusaka.

SADC mengutuk pengambilalihan kekuasaan langsung oleh Rajoelina – yang belum pernah memegang jabatan publik sebelumnya – sementara AU mendesak militer untuk tidak menyerahkan kekuasaan kepadanya, karena itu berarti kudeta.

Whatever
Yang jelas semua orang bisa mencapai kedudukan dan posisi apapun selama itu masih dengan cara yang baik, maka kita pun sebagai generasi muda patut memberi apresiasi sebaik mungkin.

Yakin deh lagu yang diputer setelah lagu kebangsaan Madagaskar adalah
“The Great DJ by The ting-tings”

😀

3 thoughts on “DJ Jadi Presiden !!!!

  1. kayaknya lebih pantes Alex “the king of new york” putra zuba yang melarikan diri dari central park yang mimpin madagascar, soalnya doski pinter banget dance nya, ha ha… i like to move it move it..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s