Kata Pertamaku


Membaca adalah kegiatan favoritku dari sebelum aku sekolah. Ya kebiasaan membaca ini sedikit banyak terlatih karena kebiasaan sederhana Papa yang selalu membawakan aku berbagai macam bacaan tiap sore sepulang kerja semenjak aku berusia 4 tahun. Bacaan yang sering Papa bawa ada banyak sekali. selalu ada euforia tersendiri dalam menunggu Papa pulang kerja di masa kecilku. Papa selalu percaya kalau ilmu itu tidak hanya bisa diberikan melalui pendidikan formal dengan tingkatan sesuai usia anak. Papa selalu membawa bacaan meski aku belum bisa membaca. Ahh… Aku senang sekali menunggu Papa pulang kerja.

Papa pun pulang. Umur 4 tahun, Papa membawa majalah anak Bobo dan Club Disney Donald Bebek. Wah gambarnya sangat lucu, Papa dan para tetanggaku yang telah terlebih dahulu sekolah sering membuat iri karena mereka membaca majalah-majalahku sedangkan aku belum bisa membaca hanya bisa mengenal abjad. Lalu Papa mengajariku mengeja. Bahagia sekali saat bisa mengeja. Setiap waktu aku selalu mengeja. Koran, majalah, iklan di TV, bungkus plastik mie instan, coretan-coretan di lorong menuju rumah semua telah aku eja.

Lalu, usaha papa membuahkan hasil yang paling membahagiakan beliau menurutku. Meski belum sekolah dan tidak pergi ke TK sama sekali. Tahukah kamu kata apa pertama yang bisa aku baca dulu? P-a-p-a PAPA dalam majalah Bobo.

Terima kasih Papa

Leave a Reply

